Review Buku " Kritik Hadits Bag.2 "




I.       IDENTITAS BUKU
1.       Judul Buku                   :    Kritik Hadis
2.      Pengarang                    :    Prof. K.H. Ali Mustafa Yaqub, MA.
3.      Penerbit                       :    Pustaka Firdaus
4.      Tahun terbit                :    2011
5.      Tempat terbit              :    Jakarta
6.      Jumlah halaman           :    144 + xv

II.     DESKRIPSI ISI BUKU





Bab 8 menjelaskan tentang ingkar-sunnah modern. Dalam bab ini dijelaskan bagaimana pengaruh kolonialisme. Pada abad keempat belas hijri pemikiran ingkar-sunnah kembali muncul ke permukaan. Ingkar-sunnah modern muncul di Cairo Mesir akibat pengaruh pemikiran kolonialisme yang ingin melumpuhkan dunia islam. Pada bab ini dijelaskan kapan ingkar-sunnah modern mulai muncul, siapa saja tokoh-tokohnya, apa saja pemikiran-pemikiran yang menolak hadis.
Bab 9 menjelaskan tentang argumentasi ingkar-sunnah. Dalam bab ini dijelaskan pemikiran para pengingkar sunnah, di antaranya mereka berpendapat bahwa agama bersifat kongkrit dan pasti. Mereka berpendapat apabila agama Islam bersumber dari hadis, maka agama Islam tidak akan memiliki kepastian. Apabila agama Islam itu berlandaskan di atas hadis di samping alquran maka Islam akan memiliki sifat ketidakpastian. Demikian argument pertama ingkar-sunnah yang dibahas dalam bab ini. Dalam bab ini juga membahasa alquran juga Dhanni, alquran sudah lengkap, pilih-pilih ayat, mengubah tatacara ibadah dan penulisan hadis.
Bab 10 menjelaskan tentang penulisan hadis pada masa nabi s.a.w. Dalam bab ini dijelaskan salah satu alasan kelompok ingkar-sunnah dalam menolak hadis sebagai sumber syariat Islam adalah bahwa hadis tidak pernah ditulis pada masa Nabi Muhammad s.a.w. Berbeda dengan alquran yang memang sudah ditulis pada masa itu. Seandainya hadis sama seperti alquran sebagai sumber syariat Islam, tentulah Nabi s.a.w telah menyuruh pada sahabat untuk menulis hadis sebagaimana beliau menyuruh mereka untuk menulis Alquran. Dalam bab ini juga dibahas tentang alasan kelompok ingkar-sunnah, yaitu larangan menulis hadis dan penyebaran hadis secara lisan.
Bab 11 menjelaskan tentang kitab-kitab hadis masa awal islam. Dalam bab ini dibahas tentang apakah ada dokumen yang membuktikan bahwa para sahabat telah menulis hadis pada masa itu dan apakah ada kitab-kitab hadis yang ditulis pada masa awal islam? Dalam bab ini juga dibahas tentang kitab dan shahifah, al-shahifah al-shadiqah dan al-shahifah al-shahinah.
Bab 12 menjelaskan tentang metodologi pembukuan hadis. Dalam bab ini dibahas tentang metode pembukuan hadis, yang di antaranya adalah metoda Juz’ dan Atraf, Metoda Muwatta, Metoda Mushannaf, Metoda Musnad, Metoda Jami’, Metoda Mustakhraj, Metoda Mustadrak, metoda Sunan, Metoda Mu’jam, Metoda Majma’ dan Metoda Zawaid. Dalam bab ini juga dijelaskan secara singkat tentang klasifikasi hadis.

Comments

Popular posts from this blog

Review Buku " Kritik Hadits "